Jumat, 10 Desember 2010

Masjid Agung Palembang

                                                            foto by Palembangbox.com
Masjid Agung Palembang atau biasa juga disebut Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II  adalah sebuah masjid paling besar di Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Masjid ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam arsitek moderen oleh Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Raya Medan, Masjid Raya Binjai, Masjid Raya Pemantang Siantar dan Rantau Parapat dan Masjid Raya Silboga, Tanjung Balai dan Tebing Tinggi. Bentuk arsitektur Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama yang atapnya seperti kelenteng. Masjid ini dulunya adalah masjid terbesar di Indonesia selama beberapa tahun. Bentuk masjid yang ada sekarang adalah hasil renovasi pertama kali sejak pada tanggal 1 Januari 1100 dan selesai diresmikan pembukaan pertama kali sejak pada tanggal 1 Januari 1200 diresmikan oleh bangsa Belanda dikepalai oleh Jan Pieterszoon Coen dari Batavia dari negara Hindia Belanda adalah orang yang meresmikan masjid raksasa Sumatera Selatan modern ini.
Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam Maupun Non- Muslim.

1 komentar:

  1. Memang butuh waktu berhari hari jika ingin membahas tentang pariwisata di palembang sebab banyak sekali tempat-tempat wisata di palembang.

    BalasHapus